Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank atau Non bank
Home » » Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank atau Non bank

Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank atau Non bank

Lembaga keuangan non bank adalah lembaga keuangan yang berperan secara langsung maupun tidak langsung dalam bidang keuangan yang dananya di dapat dengan cara mengeluarkan surat-surat berharga.
Selain itu, lembaga keuangan bukan bank juga memberikan jasa-jasa yang berkaitan dengan keuangan yang dananya di tarik dari masyarakat. Adapun Tujuan dari Lembaga keuangan bukan bank ini adalah untuk memberikan bantuan serta mendorong perkembangan pasar modal untuk perusahaan-perusahaan yang memiliki ekonomi lemah,

Bentuk usaha lembaga keuangan Non bank :
  • Badan hukum indonesia yang didirikan oleh WNI atau badan hukum dalam bentuk kerjasama dengan badan huikum asing
  • Badan hukum asing dalam bentuk perwalian dari lembaga keuangan 
Fungsi Lembaga keuangan bukan bank :
  1. Memberikan modal kepada masyarakat ekonomi lemah untuk membangun usaha dengan tujuan agar mereka tidak terbelit utang dengan para rentenir.
  2. Memperlancar pembangunan industri maupun ekonomi lewat pasar modal
  3. Memberikan kredit kepada masyarakat ekonomi rendah. Namun kredit disini ada yang bersifat menjamin surat berharga dan ada juga yang tidak.
Jenis-jenis lembaga keuangan non bank :
  1. ASURANSI
    Menurut Undang-Undang No. 2 Tahun 1992, Asuransi adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, di mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.
  2. KOPERASI SIMPAN PINJAM
    Koperasi simpan pinjam adalah koperasi yang bekerja untuk menyimpan dan memberikan pinjaman kepada masyarakat. Tujuan lembaga ini adalah untuk mengajarkan anggota agar lebih berhemat dalam kegiatan menyisihkan penghasilan (Simpan) dan memberikan pinjaman kepada anggota yang membutuhkan untuk modal usaha maupun keperluan lainnya.
  3. Dana PensiunMenurut UU No.11 Tahun 1992, Dana pensiun adalah badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan dana pensiun.
    Dengan adanya dana pensiun, setiap orang mungkin merasa tenang ketika usia telah menginjak umur yang tak muda lagi. Mengapa demikian ?
    Sebab para pegawai-pegawai negeri tersebut akan menerima dana yang lumayan cukup untuk hari tuanya. Meskipun dalam keadaan tidak bekerja lagi.

Demikianlah artikel saya tentang Lembaga Keuangan Bukan Bank atau Non bank. Jika ada masukan dan kritik, silahkan  tinggalkan komentar. Kemajuan blog ini bergantung pada masukan para pembaca sekalian.


Penulis: Bayu Pratama Gudang ilmu dan Tutorial seputar komputer, internet, dan blog Pada waktu: Sunday, November 30, 2014